LABUAPI

DESA LABUAPI

Sejarah Desa Labuapi

Desa Labuapi adalah salah satu desa dikecamatan Labuapi, kabupaten Lombok Barat. Desa Labuapi awalnya adalah sebuah dusun yang merupakan bagian dari pemerintahan Desa Telagawaru, Kecamatan Labuapi Kabupaten Lombok Barat.

Sejarah nama “LABUAPI” berasal dari legenda cerita rakyat LABUH API (Bahasa Bali) yang berarti Api Jatuh. Diceritakan bahwa pada zaman pemerintahan Raja Anak Agung kerajaan Kelungkung Karang Asem Bali pada saat itu mengirim perajuritnya untuk memperluas wilayah kekuasaannya dipulau Lombok. Dalam perjalanan didaratan pulau lombok para perajurit mengalami kelelahan hingga diputuskan untuk beristirahat dan bermalam di suatu tempat area semak belukar. ketika malam para perajurit menyalakan obor dari bambu untuk penerangan dan tanpa disengaja sebuah obor jatuh dan membakar semak belukar, maka terjadilah kebakaran yang hebat. Para perajurit yang terluka saat itu ditinggal untuk dirawat hingga menetap di area itu dan tempat itu dinamanan LABUH API.

Pada perkembangannya area tersebut didiami juga oleh masyarakat suku sasak hingga sampai sekarang penyebutan nama area tersebut dikaitkan dengan dialeg masyarakat suku sasak menjadi LABUAPI.

Seiring dengan perkembangan jumlah penduduk yang sedemikian pesat diwilayah dusun Labuapi, maka pada tahun 2001 disetujui untuk memisahkan diri dari pemerintahan Desa Telagawaru. Dan akhirnya pada tahun 2003 diresmikan oleh pemerintah kabupaten Lombok Barat menjadi Desa Definitif. Desa Labuapi, Kecamatan Labuapi Kabupaten Lombok Barat.

 

GAMBARAN UMUM DESA 

Kondisi Geografis 

Desa : Labuapi

Kecamatan : Labuapi

Kabupaten : Lombok Barat

Propinsi : Nusa Tenggara Barat

Luas dan batas wilayah :

· Luas desa : 220 Ha

· Kordinat Bujur : 116.127222°

· Kordinat Lintang : -8.627938°

· Kode Desa : 5201082010

· Batas wilayah :

Sebelah Utara : Kelurahan Dasan Cermen (Kodya Mataram)

Sebelah Timur : Desa Bagik Polak

Sebelah Selatan : Desa Bagik Polak Barat

Sebelah Barat : Desa Telagawaru

 

Data Demografis 

Desa Labuapi adalah desa yang merupakan gerbang Lombok barat, berbatasan langsung dengan Kotamadya Mataram yang terdiri dari d3 Dusun dengan terbagi dalam 11 (RT) Rukun Tetangga yakni :

· Dusun Labuapi

· Dusun Labuapi Utara

· Dusun Labuapi Selatan.

Jumlah Penduduk

· Laki-laki : 1.866

· Perempuan : 1.903

· Jumlah Jiwa : 3.769

· Jumlah KK : 1.122

 

VISI DAN MISI

Visi

“Terbangunnnya tata kelola pemerintahan desa yang baik dan bersih guna mewujudkan Kehidupan Masyarakat Desa yang adil, makmur, dan sejahtera”

Misi

  1. Melakukan reformasi system kinerja aparatur pemerintahan desa guna meningkatkan kwalitas pelayanan kepada masyarakat.
  2. Menyelenggarakan pemerintahan yang bersih, terbebas dari korupsi serta bentuk-bentuk penyelewengan lainnya.
  3. Menyelenggarakan urusan pemerintahan desa secara terbuka, dan bertanggung jawab sesuai dengan peraturan perundang-undangan.
  4. Meningkatkan perekonomian masyarakat melalui pendampingan berupa penyuluhan khusus kepada UKM, wiraswasta dan petani.
  5. Meningkatkan mutu kesejahteraan masyarakat untuk mencapai taraf kehidupan yang lebih baik dan layak sehingga menjadi desa yang maju dan mandiri.

Strategi

  1. Pengalokasian anggaran berdasarkan skala prioritas agar program pemerintahan desa dapat berjalan secara cepat, tepat dan akurat yang ditunjang dengan peningkatan kesejahteraan aparatur dan lembaga yang ada dengan mengedepankan manajemen pemerintahan dan pelayanan publik.
  2. Penataan administrasi pemerintahan desa.
  3. Memberdayakan lembaga yang ada dan mengoptimalkan kegiatan pemuda dan olahraga guna menekan tingkat kenakalan remaja.
  4. Peningkatan sumber daya masyarakat agar masyarakat menjadi lebih produktif dan mampu berdaya saing menghadapi perkembangan lingkungan.
  5. Meningkatkan pengembangan kegiatan keagamaan
  6. Peningkatan pengelolaan jalan desa, jalan lingkungan, gang, sarana air bersih, saluran air pertanian, sarana keagamaan dan pendidikan serta infrastruktur lainnya.

Desa Labuapi adalah salah satu Desa yang terus menggeliat menampilkan berbagai pembangunan fisik, pembinaan dan pemberdayaan . Sebagai salah satu Desa di kabupaten Lombok Barat provinsi Nusa Tenggara Barat, Desa Labuapi sebagai mana desa-desa yang lain ikut sebagai penerima ADD (Alokasi Dana Desa ), DD (Dana Desa ) serta program-program lainnya untuk infrastruktur dan pelatihan-platihan. Desa telah diberikan kesempatan seluas-luasnya untuk berkembang. Walaupun begitu tetap saja ada bagian pemerintah pusat, kewenangannya dalam mengarahkan dana desa yang bersumber dari APBN guna optimalisasi penggunaannya dalam pemberdayaan masyarakat.

Paradigma yang berbeda dikembangkan untuk mensupport pembangunan desa, yang awalnya membangun desa dan sekarang menjadi desa membangun, spirit ini bermakna bahwa desa dalam hal ini sebagai subyek ,bukan obyek lagi artinya desa dapat merencanakan dirinya, melaksanakan dan memberdayakan sendiri masyarakatnya. Optimalisasi pembangunan sarana dan prasarana desa dengan pola dan kewenangan baru pemerintah terhadap desa yang diperkuat dan dipayungi dengan UU desa sangat memihak kepada desa.

 
 
 
 

Pendidikan dan Sosial Budaya

Sarana pendidikan yang ada di Desa Labuapi terdiri dari : 3 sekolah TK dan PAUD, 3 sekolah SD dan Madrasah Ibtida’iyah, 2 sekolah SMP Negeri dan Tsanawiah, 3 sekolah SMK dan Madrasah Aliyah.

Dalam usaha untuk meningkatkan kualitas dan prestasi sekolah harus diimbangi dengan penyediaan sarana dan prasarana yang memadai sehingga apa yang menjadi tujuan pendidikan bisa tercapai sesuai dengan harapan.

Kesehatan dan Keluarga Berencana

Sarana kesehatan yang ada berupa 1 buah Puskesmas, dan 5 buah Posyandu. Disamping tersedianya sarana–sarana tersebut, untuk meningkatkan pelayanan kesehatan terhadap masyarakat juga ditunjang dengan adanya tenaga kesehatan yang cukup.

 

KONDISI PEMERINTAHAN DESA

Struktur Organisasi dan Tata Kerja Pemerintahan Desa Labuapi Sesuai dengan Peraturan Bupati Lombok Barat Nomor 10 Tahun 2017 tentang Susunan Organisasi dan Tata Kerja Pemerintah Desa, kemudian ditetapkan dengan Peraturan Desa Labuapi Nomor 01 Tahun 2017.

Program Desa Labuapi dalam proses Pembangunan Desa di Dasarkan pada RPJMDes Desa yang di tuangkan dalan Rencana Kerja Pemerintahan Desa pada setiap Tahunnya dan di Aplikasikan melalui Program APBDes yang bersumber dana dari :

  1. Alokasi Dana Desa ( ADD )
  2. Dana Desa ( DD )
  3. Bagi Hasil Pajak ( BHP )
  4. Pendapatan Asli Desa (PAD)

Pendapatan Transfer Desa Labuapi dari Tahun 2017 – 2019.

SUMBER DANA

Tahun 2017

Tahun 2018

APBDes Tahun 2019

ADD

597.760.378

633.999.000

649.286.000

DANA DESA

843.518.341

837.090.000

994.543.000

DBHP

56.349.540

59.438.195

67.900.000

PAD

3.782.001

2.048.556

-

TOTAL

1.501.410.260

1.532.575.751

1.711.729.000

 

PENUTUP

Pemerintah Desa Labuapi sesuai dengan tugas pokok dan fungsinya bersama-sama dengan instansi terkait dan Lembaga Kemasyarakatan yang ada telah berupaya semaksimal mungkin melaksanakan tugas-tugas pemerintahan.

Kami menyadari bahwa pelaksanaan tugas-tugas umum pemerintahan serta pelayanan yang telah dan sedang dilaksanakan di Desa Labuapi belum sepenuhnya sesuai dengan aspirasi masyarakat. Dalam evaluasi dan kunjungan lapangan dalam rangka Perlombaan Desa Tingkat Kabupaten Lombok Barat Tahun 2019 ini kami telah sepenuhnya menyajikan data dan kondisi Desa Labuapi secara apa adanya.

Semua kesan dan saran dari tim penilai sangat kami harapkan demi kelancaran pelaksanaan tugas-tugas pemerintahan, pembangunan dan kemasyarakatan khususnya di Desa Labuapi untuk waktu selanjutnya.

Akhirnya kami selaku Kepala Desa Labuapi mengucapkan terima kasih yang setulus-tulusnya kepada segenap warga masyarakat Desa Labuapi dan semua pihak yang telah memberikan dukungan kepada pemerintah Desa Labuapi, sehingga pelaksanaan Perlombaan Desa di Desa Labuapi dapat berjalan dengan baik dan lancar. Tidak lupa kami menyampaiakan permohonan maaf yang sebesar-besarnya kepada tim penilai Tingkat Kabupaten Lombok Barat beserta anggota atas segala kekurangan dalam pelaksanaan penilaian.

Semoga Allah SWT senantiasa memberikan bimbingan dan perlindungan kepada kita semua.

 

Labuapi, 27 Mei 2019

Kepala Desa Labuapi

 

 

 

MUHAMMAD RIFA’I

Sambutan