SOSIALISASI REMBUQ STUNTING TINGKAT KECAMATAN

Foto untuk : SOSIALISASI REMBUQ STUNTING TINGKAT KECAMATAN
Share

        Puskesmas Labuapi mengadakan acara rembuq Stunting tingkat kecamatan Labuapi yang bertempat di aula kantor camat Labuapi. Di hadiri oleh Kepala Puskesmas Labuapi, Dinas Kesehatan sebagai pembicara, Sekretaris Camat dan Sekretaris DPMD sedangkan untuk peserta terdiri dari Dinas Nipo se-kecamatan Labuapi, Ibu-ibu PKK, kader pendamping desa, Kepala Desa, Kepala BPD dan kader kesehatan.

        Kepala Puskesmas Labuapi dalam laporan pelaksanaan kegiatannya menyampaikan bahwa tujuan di adakannya kegiatan ini adalah untuk memberikan informasi kepada masyarakat tentang apa itu Stunting, serta bagaimana cara pencegahannya sehingga kedepan tidak ada lagi kasus Stunting khususnya di kecamatan Labuapi dan yang terpenting adalah para peserta yang hadir dalam acara ini dapat memberi informasi secara langsung kepada masyarakat terkait permasalahan Stunting.

      Sementara itu Sekretaris Camat Labuapi Dedi Saputra, SH.MH dalam sambutannya menyampaikan bahwa Stunting merupakan isu nasional yang artinya permasalahan ini tidak hanya terjadi di wilayah Kecamatan Labuapi saja namun terjadi secara menyeluruh di wilayah Indonesia, oleh karena itu perlu kerjasama semua elemen baik itu pemerintah maupun masyarakat itu sendiri. Dalam hal ini Pemerintah Daerah yang melaksanakan adalah Dinas Kesehatan serta Pemerintah Kecamatan, terutama yang langsung menangani adalah Puskesmas setempat untuk tetap melakukan koordinasi dan sosialisasi kepada masyarakat. Pihak-pihak yang hadir dalam acara ini di harapkan dapat menjadi corong terdepan pemerintah dalam menyampaikan kepada masyarakat tentang apa itu Stunting dan bagaimana cara mencegah supaya tidak terjadi kasus Stunting di wilayah kita. Secara umum Stunting adalah gagal tumbuh kembang pada tubuh dan otak akibat kekurangan asupan gizi dalam waktu yang lama sehingga tubuh menjadi lebih pendek dari kondisi normal anak seusianya dan memiliki keterlambatan dalam berpikir, namun untuk lebih jelas dan detailnya penjelasan tentang Stunting nanti akan di sampaikan oleh para narasumber. Untuk itu Dedi menyampaikan kepada semua peserta sosialisasi untuk mengikuti kegiatan secara khidmat sampai dengan selesainya acara, materi yang di sampaikan oleh para narasumber agar dapat kita terima secara baik sebagai bahan kita untuk meneruskannya kepada keluarga, tetangga maupun masyarakat secara umum sehingga kegiatan ini dapat kita peroleh manfaatnya.

        Setelah Sekretaris Camat Labuapi memberi arahan dan membuka acara tersebut , secara berturut-turut narasumber dari Dinas Kesehatan dan Dinas PMD menyampaikan materinya masing-masing.

Sambutan