PELATIHAN PENINGKATAN KAPASITAS PERANGKAT DESA DI KECAMATAN LABUAPI

Foto untuk : PELATIHAN PENINGKATAN KAPASITAS PERANGKAT DESA DI KECAMATAN LABUAPI
Share

PENINGKATAN KAPASITAS PERANGKAT DESA di KECAMATAN LABUAPI

Lahirnya Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa memberikan warna baru bagi desa, bagaimana tidak! kewenangan yang luas dan dibarengi pemberian Anggaran untuk pelaksanaan kewenangan tersebut.

Sudah hampir 5 tahun pelaksanaan Undang-undang desa, ada desa yang dengan segenap SDM Perangkat desanya bergerak sesuai arah dan tujuan yang digariskan Undang-Undang Desa, melakukan pembangunan dan pemberdayaan masyarakat dengan pembagian tugas yang jelas dari masing-masing perangkat desa.

Namun disana masih banyak perangkat desa yang belum siap dengan segenap perubahan yang terjadi, mereka masih merasa berada dalam zona nyaman sebagaimana belum lahirnya undang-undang desa, kesehariannya di desa seolah sama saja hanya berkutat di administrasi pelayanan kependudukan, tidak tahu dengan program pembangunan, pembinaan lembaga-lembaga dan pemberdayaan masyarakat. yang berbeda hanya bahwa mereka mendapatkan penghasilan yang kian tahun ada peningkatan.

Perangkat desa merupakan elemen terpenting dalam roda pemerintahan desa. Dalam Permendagri No 83 tahun 2015 tentang pengangkatan dan pemberhentian perangkat desa, yang kemudian diubah menjadi Permendagri No 67 tahun 2017, perangkat desa didefinisikan sebagai unsur staf yang membantu kepala desa dalam penyusunan kebijakan dan koordinasi yang diwadahi dalam sekretariat desa, dan unsur pendukung tugas kepala desa dalam pelaksanaan kebijakan yang diwadahi dalam bentuk pelaksana teknis dan unsur kewilayahan. Ini artinya kepala desa, tanpa perangkat desa yang memiliki kapasitas, akan kewalahan mengurusi segala macam persoalan di desa.

Berangkat dari fenomena itu Pemerintah Kecamatan Labuapi bersama Pendamping Desa menginisiaisi dilaksanakan pelatihan dalam rangka memberikan gambaran yang jelas mengenai tugas-tugas pokok dan fungsi masing-masing perangkat desa sesuai seksi dan urusan yang diemban sebagaimana di atur dalam Permendagri no 84 tahun 2015 tentang Struktur Organisasi Tata Kerja Pemerintah Desa dan Perbup Lombok Barat sebagai pelaksana permendagri tersebut Nomor 10 Tahun 2016 tentang Struktur Organisasi Tata Kerja Pemerintah Desa.

Pelatihan dibagi menjadi 6 tahap, yang dimulai pada Senin 25 April 2019 pelatihan Sekretaris Desa dan kepala urusan keuangan se-kecamatan labuapi dengan pokok materi Tupoksi Kaur Keuangan, Pemotongan pajak pada belanja desa dan penatausahaan keuangan desa yang baik dan benar, berlanjut pada Kamis, 2 Mei 2019 pelatihan Sekretaris Desa dan Kepala Urusan Tata Usaha dan Umum dengan pokok materi tentang Tupoksi Kaur Tata Usaha dan Umum, Administrasi Kaur Tata Usaha dan Umum, Pengelolaan Arsip di Desa, Tata Naskah Surat Menyurat berdasarkan permendagri 78 Tahun 2012 dan Pengelolaan Aset Desa berdasarkan Permendagri Nomor 1 Tahun 2016.

Kemudian dilanjutkan pelatihan kepala urusan Kesejahteraan pada Kamis, 9 Mei 2019 dengan pokok materi Tupoksi Kepala Seksi Kesejahteraan, Buku Administrasi Pembangunan, Pengenalan perhitungan RAB dan Desain infrastruktur di desa, Pelatihan Kepala Urusan Perencanaan dilaksanakan pada Selasa, 14 Mei 2019 dengan pokok materi yang disampaikan adalah Tupoksi Kaur Perencanaan, Integrasi Perencanaan Desa (RPJMDes, RKPDes dan APBDes), Data-data pendukung Perencanaan desa, serta pelaporan Kepala Desa, Pelatihan Kepala Seksi Pelayanan dilaksanakan pada Kamis, 16 Mei 2019 dengan Pokok materi Tupoksi Kepala Seksi Pelayanan, Pelayanan kesehatan dan sosial masyarakat dan Kelembagaan desa dalam tata kelola pemerintahan desa.

Pelatihan terakhir Kepala Seksi Pemerintahan dilaksanakan pada hari Rabu, 22 Mei 2019 dengan pokok materi Pengenalan Tupoksi dan Pengisian Buku administrasi kependudukan, Tata Praja Pemerintahan dan Mekanisme Penyelesaian Masalah, Materi pada pelatihn terakhir ini di sampaikan oleh Kepala Seksi Pemerintahan Bapak Ketut Ranejaya, Sekretaris Camat Bapak Dedi Saputra, SH., MH dan ditutup oleh Camat Labuapi Bapak H. Lalu Moh. Hakam, S.STp., M.Si dengan harapan apa yang sudah didapatkan pada pelatihan ini dapat bermanfaat dan dapat direalisasikan untuk menunjang pelaksanaan tugas-tugas perangkat di desa.

Penulis : Dedi Saputra, SH. MH

Sambutan