PELATIHAN PENINGKATAN KAPASITAS PENGEMBANGAN SUMBER DAYA MANUSIA

Foto untuk : PELATIHAN PENINGKATAN KAPASITAS PENGEMBANGAN SUMBER DAYA MANUSIA
Share
          Tim Pelaksana Inovasi Desa (TPID) Kecamatan Labuapi menyelenggarakan pelatihan peningkatan kapasitas pengembangan sumber daya manusia (PSDM) bagi Kader Pembangunan Manusia (KPM) dan perangkat desa yang membidangi pendidikan dan kesehatan di Aula Desa Bagik Polak Barat Kecamatan Labuapi, Rabu dan Kamis (31/7 - 1/8). Siti Mustainnah Ketua TPID kecamatan labuapi dalam penyampaian laporan panitia mengatakan bahwa pelatihan ini dilaksanakan untuk memberikan gambaran dan wawasan terkait deteksi,  pencegahan dan penanganan terjadinya stunting.
          Sementara itu tujuan dilaksanakan pelatihan bersamaan antara KPM dan perangkat desa adalah untuk menjadikan sinergitas antara pelaku kegiatan dan pengambil kebijakan di desa sehingga apa yang diharapkan dalam pelatihan ini dapat terealisasi dengan baik. Stunting adalah sebuah kondisi di mana tinggi badan seseorang jauh lebih pendek dibandingkan tinggi badan orang seusianya. Penyebab utama stunting adalah kekurangan gizi kronis sejak bayi dalam kandungan hingga masa awal anak lahir yang biasanya tampak setelah anak berusia 2 tahun hal ini disampaikan oleh Sekretaris Camat Labuapi Dedi Saputra, SH.,MH dalam sambutannya.
          Lebih lanjut beliau mengharapkan kepada semua pihak untuk menyadari pentingnya asupan gizi dan nutrisi bagi anak sejak dari masa kehamilan sampai yang disebut 1000 HPK, pemerintah juga mengharapkan masyarakat untuk peduli kepada kesehatan dengan menjaga lingkungan dan kesehatan pribadi masing-masing. Permasalahan stunting merupakan isu nasional dan butuh perhatian semua pihak, pemerintah telah banyak melakukan sosialisasi terkait hal ini baik itu melalui puskesmas dan instansi terkait dan lembaga-lembaga swadaya masyarakat, organisasi-organisasi dan unsur-unsur masyarakat diharapkan juga ikut berpartisipasi dan bersinergi untuk menyelesaikan persoalan bersama ini. Semua pihak yang telah mendapatkan pembekalan dan informasi terkait stunting ini diharapkan menjadi Duta Stunting di masyarakat minimal dilingkungan keluarga sendiri, tetangga sampai sekup masyarakat secara umum agar terjadi pencegahan stunting sejak dini, karena jika stunting telah terjadi maka akan lebih sulit untuk penanganannya.
          Sinergi KPM sebagai pelaku dan Perangkat desa sebagai salah satu pengambil kebijakan di desa diharapkan terwujud setelah pelatihan ini, KPM memberikan support berupa data-data real dilapangan deteksi dini terjadinya stunting untuk selanjutnya di siapkan program dan anggaran oleh pemerintah desa untuk pencegahan dan penangannya," Untuk mendapatkan hasil yang baik dan optimal semua peserta pelatihan harus fokus kepada materi dan tatacara pengisian formulir-formulir yang disampaikan oleh narasumber-narasumber yang telah disiapkan," Pungkas Sekcam Labuapi
Sambutan